Rabu, 17 Oktober 2012

Fh3n0m3na 4L4y

4L4y p4sTi qMo dAgh gAgH a5ing aGie D3ngEr kT4 y4nG sTu iNie..

yUpzzz 4L4y m4nGh gIe NgTr3nZ b3uDz t3rUt4m4 dIe kL4nGaNd rMjaaa. bHkand d4gH j4dIe Fnom3na y'x m3r4mBaH do3ni4 M4y4. sBaGi4n d4 yG jDhiE pLowErZZzzz, d@ y'x g4gH pDuLi3, pHi3 gAgh 5dKidt juGha yAnk mnglu4rKan zO3mpaH p4RaH tRpaR4h tHdp 4L4y. iz 4L4y 4cTu4Ly?

pusing baca tulisan di atas? jangankan lo, gue aja pusing nulisnya! haha.
tulisan tersebut diatas tulisan alay. dan lagi ngetren dikalangan tertentu.
"alay" (anak layangan) pertama kali populer disebuah situs komunitas terbesar indonesia (kaskus). julukan ini biasanya ditunjukan untuk orang-orang yang diucap lebay,norak, dan punya selera atau tingkah laku yang "ganggu".
beberapa forum online dan blog menyebutkan bahwa anak alay bisa dideteksi dari beberapa ciri, yaitu gaya berpakaian (sering main tabrak warna atau suka pakai bando berpita), selera musik (ngefans sama band wali, ST12, kangen band, dst) gaya hidup (misalnya sering foto-foto ditempat umum, sering jalan sambil pakai earphone di kuping, sering foto narsis pakai hp kamera)

How Did It Start?
Tren ini dimulai dari kebiasaan menulis di sms. misalnya huruf 'E' menjadi "3", dan kata 'great' jadi 'gr8'. social networking seperti Friendster, Facebook, dan Twitter, huruf alay makin berkembang karena sering dijadikan alat untuk berekspresi dalam menulis komen atau status. sebenarnya enggak ada rumus pakem dalam penulisan alay, tapi biasanya sih huruf-hurufnya dicampur sesuka hati sama yang nulis. ada yang mencampur huruf besar dan kecil (AkU sAyAnG kAmU), disingkat (w cynk lw), dengan angka (54y4nG),menyisipkan simbol (ci@" = sia-sia), atau sengaja melebay lebaykan kata dengan menyelipkan huruf z,w,y,ch atau nk didalam/akhiran kata. (chynkzzz=senang), tapi ada juga yang mencampur semua prinsip diatas sekaligus. (aQ chyNkzz qM3, @q RnDu3 qM3h = aku sayang kamu aku rindu kamu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar